Dari Yakushima, Toyota RiN menciptakan Harmoni antara Manusia dan Alam

11:30 PM

Sumber : http://www.astraworld.com/; http://www.arthazone.com/; http://www.autoblackthrough.com/

Berangkat dari nilai-nilai filosofi, spiritual, dan keselarasan yang telah tercipta di situs alam Yakushima yang telah di bahas dalam posting sebelumnya. Toyota memperkenalkan untuk kali pertama ke publik dalam ajang "Tokyo Motor Show 2007". Sebuah kendaraan masa depan yang menggabungkan konsep kenyamanan dan keamanan serta bertujuan dalam upaya menciptakan harmoni antara manusia dan alam.
Dari bentuknya yang unik, Toyota RiN memang difokuskan pada peningkatan kenyamanan dan konsep hidup sehat. Aspek kenyamanan diwujudkan dengan interior yang lega, di mana kursi dibuat senyaman mungkin dengan model terpisah antara satu kursi dan kursi lain. Model sandaran kursi dirancang dalam tiga bagian yakni bagian kepala, badan dan bagian bokong. Dengan model ini, pengemudi ataupun penumpang menjadi lebih nyaman, apalagi posisi kursi bisa ditekuk hingga beberapa derajat untuk menyesuaikan kenyamanan penumpang.

Mobil konsep yang dirancang secara serius oleh tim desain Toyota Motor Corporation (TMC) ini lebih jauh ingin menanamkan dalam benak masyarakat yang mulai makin sadar dalam mengelola kehidupannya untuk lebih sehat. "Furthermore, to turn their attention to society and nature, producing a healthy rhythm for both mind and body, " begitu tulis TMC seperti dilansir carbodydesign.com, Senin (05/11).

Melihat model eksteriornya memang terkesan aneh dan tidak lazim. Model box-shape pada body kemudian model sliding door pada pintu, serta eksterior yang memendarkan warna hijau dan putih, Rin, yang berarti ”tulus” dan ”anggun” ini memiliki lantai bahkan sebagian besar cover body transparan. Jika Anda mengendarai mobil ini, sangat mudah sekali dikenali karena wajah Anda beserta isi kabin mobil kelihatan dari luar. Untuk penerangan jalan, RIN mengaplikasikan lampu depan yang dilengkapi fitur light distribution control yang mengatur intensitas cahaya lampu depan agar tidak menyilaukan para pejalan kaki dan pengemudi mobil lainnya yang datang dari arah yang berlawanan.

Dan memang seperti inilah Toyota RiN dibuat. Keseluruhan aspek dari konsep mobil yang bertujuan untuk menyatukan harmoni antara kehidupan manusia dan alam ini sangat pas. Brand image yang ditawarkan TMC kepada konsumen di mana kolaborasi antara “harmony with nature” dan “healthy mind and body” diyakini bisa menjadi entry poin masyarakat untuk menggemari model mobil seperti ini.

Selain tampak luar yang mencerminkan sebagai "green car", interior Toyota RiN juga dirancang khusus dan bernuansa alam pula. Misalkan di bagian kursi di mana terdapat motif akar-akaran dan pohon Yakusugi (icon tumbuhan Jepang). Dominasi warna hijau sebagai warna alam juga sampai pada bagian konsol panel di dashboard depan hingga karpet.
Yang lebih utama dari ini semua adalah lapisan body Toyota RiN ini yang terbuat dari bahan khusus, sejenis kaca yang mampu mereduksi pancaran sinar ultraviolet dan infrared yang bersumber dari matahari. Soal bahan bakar, Rin menggunakan hybrid antara bensin dan listrik. Dengan demikian, semakin jelaslah Toyota RiN sebagai mobil sehat bernuansa alami dengan tingkat kenyamanan maksimal.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images